
MANADO – SMP Kristen Eben Haezar 1 (Benzar 1) Manado adakan Launching Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi guru – guru dan siswa – siswi.
Kepala SMP Kristen Eben Haezar 1 Manado Hopny J. Ume, M.Pd kepada wartawan media ini mengatakan dengan menjalankan P5, guru diharapkan dapat menemani proses pembelajaran siswa, Kamis (20/07/2023).
“Dengan menjalankan P5 diharapkan dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang diejawantahkan dalam Profil Pelajar Pancasila,” ucap kepsek Hopny Ume
Kepada siswa – siswi kepala sekolah berpesan untuk belajar. “Belajar sendiri merupakan proses untuk mendapatkan sebuah pengetahuan ataupun suatu hal baru dalam kehidupan manusia,” ucap kepsek.
Katanya, belajar dapat dilakukan dalam lingkup keluarga, lingkungan, dan juga dalam lingkup sebuah lembaga pendidikan misalnya sekolah.
SMP Kristen Eben Haezar 1 Manado juga melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar.
Kurikulum Merdeka Belajar adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk mengatur dan mengembangkan cara belajar mereka sendiri secara mandiri.
Dengan dilaksanakannya Launching P5, sekolah memberi ruang dan waktu kepada siswa untuk mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.
Di sisi lain, pendidik berperan sebagai fasilitator yang memberikan berbagai kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi dan mengembangkan diri sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang dimiliki.
Harapan kedepan guru lebih kreatif, guru lebih fleksibel untuk berkreasi semaksimal mungkin dalam menuntun siswa, dan guru diharapkan mampu mengembangkan potensi para siswa.
P5 memiliki prinsip berpusat pada peserta didik, artinya P5 memberikan peran aktif kepada peserta didik dalam proses pembelajaran.
Di sisi lain, pendidik berperan sebagai fasilitator yang memberikan berbagai kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi dan mengembangkan diri sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang dimiliki.
Manfaat P5 bagi peserta didik adalah Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila
P5 Memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran.
Siswa dapat memiliki kebebasan dalam memilih topik yang diminati, mengerjakan projek yang relevan, dan menentukan jalannya pembelajaran.
Hal ini memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan kemandirian, inisiatif, dan kepercayaan diri.
Memahami konsep ini, peserta didik dan pendidik bisa saling berkolaborasi untuk menciptakan proses pemebelajaran yang menyenangkan berdasarkan tahapan yang telah dirancang (modul P5) dan disepakati.
Peserta didik diharapkan berkontribusi positif dalam menjalankan proses pembelajaran ini agar tujuan yang diharapkan dalam hal ini terbentuknya karakter profil pelajar Pancasila bisa tercapai. (fer)